ninosaji Bloggers berisi tentang info gratis masa kini, berita terbaru, seo, tips, trik, blogspot, info terkini, pemrograman, dll.

Mengatasi memori penuh di Android

Mengatasi memori penuh di Android. ninosaji bloggers akan berbagi tentang tips android yaitu Mengatasi memori penuh di Android. artikel ini juga terhubung oleh Mengatasi Keterbatasan Ruang (Space) Saat Menginstall Aplikasi Android. Pernahkah kamu mendapat masalah saat menginstall aplikasi Android karena kurang ruang (space)? Pesan yang bertuliskan "Sorry, there's not enough space to install this item."

Memori Penuh di Android

Memori Penuh di Android

Jangan khawatir, ada cara untuk bersih-bersih smartphone Android menggunakan aplikasi bawaan (built-in) tanpa perlu aplikasi khusus. Intruksi dalam artikel ini telah dipraktekkan pada Android Gingerbread, jadi cocok bagi pemakai Gingerbread atau OS Android lebih baru.

Ada 3 teknik untuk melakukan pembersihan:

  1. Memindahkan aplikasi ke SD card
  2. Menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai
  3. Menghapus data aplikasi

Untuk melakukan hal-hal di atas, buka  ke Settings > Applications > Manage applications. Di sini bisa dilihat aplikasi-aplikasi yang telah diinstall.

Memori Penuh di Android

Dalam contoh pertama saya melihat aplikasi eBay secara detil. Ada dua pilihan: menghapus aplikasi ini (Uninstall) atau bisa memindahkannnya ke SD card (Move to SD card). Karena saya masih ingin memakai aplikasi ini, saya memindahkannya ke SC card.

Memori Penuh di Android

Kali ini saya membuka informasi aplikasi Twitter. Bisa dilihat bahwa Twitter tidak bisa dipindahkan ke SD card. Tak apalah, saya jarang pakai Twitter di sini, saya hapus saja.

Memori Penuh di Android

Di sini saya melihat aplikasi forum Indonesia, TheCrowdVoice. Untuk mengurangi jumlah download data, aplikasi TheCrowdVoice dengan cerdasnya menyimpan data yang sering dipakai di smartphone saya. Karena saya sering pakai TheCrowdVoice, data simpanan ini menumpuk hingga 7,82MB. Saya bisa menghapusnya dengan klik clear data.

Memori Penuh di Android

Smartphone Android baru seperti Samsung Galaxy S3 memiliki disk bawaan (internal disc) yang besar, setidaknya 16GB, jadi keterbasan ruang bukanlah masalah. Tapi jangan lupa, smartphone pemula Samsung Galaxy Y memiliki disk bawaan hanya sebesar 180MB jadi teknik ini sangat berguna bagi penggunanya.

Ditulis Oleh: Pada :
Label : android