ninosaji Bloggers berisi tentang info gratis masa kini, berita terbaru, seo, tips, trik, blogspot, info terkini, pemrograman, dll.

Tips Menghemat Baterai Android

Tips Menghemat Baterai HP Android. Anda yang mempunyai hp Android pastinya merasa baterainya sangat boros dibandingkan dengan hp yang sistem operasinya java dan sebagainya. Sebenarnya baterai android anda menjadi boros dikarenakan banyaknya proses yang telah berjalan, entah itu proses aplikasi, wifi, ataupun paket data.

Wallpape Android r

Anda dapat menghemat Baterai Android dengan beberapa tips berikut ini:

Cara Menghemat Baterai Android

1. Wireless and networks (GPS, WiFi, Bluethoot, Paket Data)

Fitur dari Wireless and networks hanya diperlukan pada waktu tertentu. GPS, WiFi, Bluethoot, Paket Data merupakan fitur yang paling berpotensi menghabiskan baterai Android anda. Ketiga fitur ini berguna, tetapi ketika Anda merasa tidak perlu untuk menggunakannya, lebih baik dimatikan dan dihidupkan pada saat digunakan,

2. Upgrade Firmware

Firmware merupakan sistem operasi yang berjalan pada ponsel dan mengoperasikan program di dalamnya. Firmware juga selalu berubah dan terus update untuk menambah fitur-fitur terbaru, peningkatan kinerja, keamanan sistem, dan atau bahkan ada perubahan total di sisi tampilan. Sebagai contoh Firmware pada android yaitu versi Android (4.1.2, 4.2, dll)

Salah satu dampak positif dari kinerja yang baik adalah peningkatan daya tahan baterai yang setiap versi Android pasti memiliki daya tahan yang berbeda. Lakukan update OS/firmware Android Anda agar baterai Android Anda lebih tahan lama.

3. Notification

Notification (Pemberitahuan) dari setiap aplikasi yang Anda download adalah salah satu faktor yang menguras daya baterai. Matikan suara pemberitahuan dan LED untuk membuat baterai Android lebih tahan lama. Jika Anda sedang bepergian, jangan lupa untuk memeriksa email Anda sendiri sehingga Anda tidak ketinggalan atau melewatkan sesuatu penting.

4. Feedback Keyboard

Feedback Keyboard adalah getaran saat mengetik sesuatu di keyboard atau menyentuh ikon pada layar Android kita. Ketika Anda mematikan feedback ini, ada dua keuntungan, yaitu menghemat baterai dan respon keyboard akan lebih cepat.

5. Advanced Task Killer

Advanced Task Killer adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu untuk menghemat baterai Android Anda. Aplikasi ini berguna untuk mematikan setiap proses yang berjalan dan tidak terpakai. Satu sentuhan akan mematikan proses-proses yang tidak perlu yang perlahan-lahan menguras baterai Anda. Aplikasi ini dapat Anda download di Google Play.

6. Aktifkan Airplane Mode

Sedang berada di daerah yang tidak ada signal GSM, Internet, tidak ada WiFI, dan apalagi GPS, lebih baik jangan dibiarkan begitu saja, ada bagusnya anda mengaktifkan “Airplane Mode”.

Dengan mengaktifkan Airplane Mode, semua sinyal radio, baik GSM, GPS, WiFi, Data dan Bluetooth, akan langsung dimatikan.

7. Matikan fitur getar (vibrate)

Fitur getar (vibrate) terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan “silent”.

Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya matikan fitur getar yang ada di android anda.

8. Jangan “Streaming”

Ingin mendengarkan musik atau menonton video? Jika ya, sebaiknya simpan kedua jenis data tersebut di media penyimpanan yang ada.

Kurangi kegiatan Streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik via YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini akan “memaksa” sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis.

9. Redupkan layar.

Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

10. Tutup Aplikasi yang tidak dibutuhkan

Beberapa aplikasi yang dibuka secara bersamaan merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi

Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Advanced Task Killer” atau menggunakan task manager bawaan dari Android.

Nah itulah tips atau cara untuk menghembat baterai android. Selamat mencoba dan Terimakasih.

Ditulis Oleh: Pada :
Label : android